Minggu, 05 Juni 2011

Film Favorit Gue (6-10)

6. Jurassic Park (1993)

Semua orang rata-rata udah tau film yang berjudul Jurassic Park ini. Merupakan film dinosaurus terbaik sepanjang masa dan film yang udah menangin 3 Oscars. 'Jurassic Park' pertama kali rilis pada 1993 lalu. Film yang merupakan adaptasi dari novel karya 'Michael Crichton' tersebut pun digarap oleh Steven Spielberg. Sekuelnya, 'The Lost World: Jurassic Park', menyusul pada 1997. Hingga yang terakhir, 'Jurassic Park 3: The Extinction', beredar 2001. Tapi tetep aja film pertama yang paling fenomenal. Salah satu kelebihan film ini yang membuat orang-orang berdecak kagum adalah, T-Rex dan dinosaurus lainnya yang terlihat asli dan tidak menggunakan efek komputer. Steven Spielberg sebagai Director memang sangat memperhatikan keaslian film. Film ini juga banyak mendapat pujian positif pada visual effect dan juga disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik tahun 1993 karena banyak adegan dan visual effect yang tidak pernah terlihat dalam film-film lain sebelumnya. Film ini juga menjawab pertanyaan di benak orang-orang seperti apakah dinosaurus itu ketika hidup walaupun ada sekitar 135 kesalahan penggambaran.

7. Kingdom Of Heaven (2005)

Menceritakan tentang perang salib. Disutradai oleh Ridley Scott yg juga pernah membesut Gladiator(2000) film ini dinilai lebih mempunyai keakuratan sejarah ketimbang film gladiator sendiri, apalagi bila menonton yang extended version. Dari sudut pandang gue kenapa film ini bisa menarik karena berhasil menggambarkan secara adil bagaimana perang salib dari sudut pandang pihak kaum nasrani ataupun dari pihak kaum muslim. Selain itu  nuansa abad pertengahan tergambar secara detail ditambah penggambaran adegan perangnya yang menurut gue adegan perang terbaik dari banyak film kolosal yang pernah dibuat. Ketika melihat bagaimana senjata2 kayu dipakai untuk memborbadir benteng kota Jerussalem.. wow seperti menjelaskan bagaimana cara kerja senjata yang ada di game Empire Earth ato Stronghold (lagi seneng2nya maen game strategi perang zaman itu). Dari cast yg terlibat juga pemilihan yg pas, ada Liam Nelson, Edward Norton, Orlando Bloom n EVA GREEN (hmmm.. hmmm..hmmm). Sayangnya ni film gag terlalu sukses di boxoffice USA Cuma ngehasilin 43 juta US dollar tetapi penayangannya diseluruh dunia berhasil mendapatkan lebih dari 230 juta US dollar. Sedikit catatan walopun tidak 100% film ini sesuai dengan sejarah,tetapi film ini juga sering diputar di pengajian2 yang membahas tentang perang salib karena secara garis besar cerita memang benar, seperti adegan Sholahudin Alyubi membunuh Reynold De Catilan dengan tangannya sendiri karena telah melanggar perjanjian damai dengan tidak saling membunuh rakyat sipil antara kaum muslimin dan nasrani.

8. Casino Royalle (2006)

Film James Bond terbaik dan tersadis, pemain Bond terbaru Daniel Craig sukses mengubah citra James Bond yang lebih keras, penuh dendam dan masih muda dirasa lebih cocok untuk menggambarkan sosok James Bond masa kini (beda dengan pemeran Bond zaman dulu dengan pria yang sudah paruh baya, gue dulu juga sempat gag terima waktu Sean Connery yang udah uzur bermain2 dengan gadis2 Bond yang mungkin lebih cocok jadi cucunya haha..). Skenario film yang membuat film ini bercampur antara action, romantisme dan drama juga menjadi titik penting keunggulan film ini dibanding film2 Bond terdahulu. Sayang sekuel selanjutnya “Quantum of Solace” gagal menyuguhkan cerita yang menarik dan hanya menampilkan sosok Bond yang pindah2 negara dan main bunuh sana sini saja (mirip trilogy bourney malahan) walaupun secara penghasilan lebih sukses.
 Bond dengan gadis Bond, Eva Green sebagai Vesper (baju crem) gadis yang membuat "mengapa" James Bond menjadi seorang playboy diceritakan di film ini.

9. Spiderman 2 (2004)

Dari ketiga film Spiderman, Spiderman 2 lah yang terbaik. Peter Parker sbg Spiderman diceritakan dengan segala permasalahan hidupnya, mulai dari masalah kuliah, keuangan, pekerjaan, rasa bersalah kepada bibi May dan masalah hubungannya dengan Mary Jane yang akan menikah dengan anak bosnya, sangat humanis sekali.. dan yg paling parah kekuatannya sempat hilang. Musuhnya kali ini adalah Dr. Octo (dosennya di kampus) dengan tangan tentakel robotnya, penggambaran adegan berkelahi di atas kereta merupakan adegan terbaik dimana untuk proses syutingnya saja menghabiskan waktu sampai 2000 jam. Endingnya juga mengagetkan (Bollywood banget) sangat romantis ketika disaat2 terakhir Mary Jane membatalkan pernikahannya dan lari dari gereja menuju kos Peter Parker dan memutuskan untuk memilihnya dengan segala kekurangan dan tanggung jawab Peter sebagai seorang superhero.

10. The GodFather (1972)

Film terbaik kedua versi IMDb, pada 2010 ada kritikus film mengatakan ketika kita menonton Titanic (1997) setelah 13 tahun maka film itu terasa biasa saja tetapi beda dengan  TheGodfather, setelah 28 tahun ketika menontonnya lagi tetep saja film itu terasa luar biasa. Menceritakan tentang perseteruan keluarga mafia di Amerika sana. Keluarga Vito Corleone harus berhadapan dengan para keluarga mafia lain karena berebut lahan bisnis dan pengaruh politik di Amerika. Drama mafia yang sungguh seperti realisitis bahkan mafia-mafia yang asli sekalipun pernah menduga ini merupakan cerita mafia asli bukan fiksi.. Mario Puzzo sang penulis mendapat pujian yang luar biasa dan melanjutkan dengan sekuel TheGodfather part II (1974) dan TheGodfather part III (1990). Para pemain pendukung juga memberikan akting yang sempurna terutama Marlon Brando sebagai Don Vito Corleone dan Alpacino sebagai Michael Corleone. Masukin daftar film WAJIB TONTON............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar